Trigliserida Tinggi – Penyebab, Gejala, Diagnosis, & Pengobatan

Apakah itu trigliserida? Trigliserida yakni tiga asam lemak yang terhimpun dengan molekul gliserol. Sudahkah pernah Anda dengar masalah kesehatan sebab trigliserida tinggi? Bila belum, dapat diterangkan pada point yang menimbulkan.

Dalam badan, kebanyakan lemak yang tersimpan berwujud persentase trigliserida normal. Inti ini benar-benar tidak sama dengan cholesterol yang pasti pun seringkali Anda dengar dalam kehidupan seharian.

Tetapi seperti pada kolestrol, trigliserida yakni elemen yang normal dari darah, baik yang tampak sebab konsumsi di luar atau yang dibuat oleh badan. Kebanyakan lemak yang Anda makan berwujud trigliserida.

Yang menimbulkan Trigliserida Tinggi yang Perlu Dicegah
Memakai makanan yang memiliki kandungan lemak dapat tingkatkan trigliserida dalam darah serta condong tingkatkan persentase cholesterol. Lemak datang dari buah-buahan seperti kelapa, durian, serta alpukat yang tak punya kandungan cholesterol, namun mempunyai persentase trigliserida tinggi.

Mungkin ada di antara dari Anda yang ajukan pertanyaan apa yang menimbulkan trigliserida tinggi?Beberapa unsur bisa bawa resiko trigliserida tinggi dalam darah, selanjutnya salah satunya:

1. Kelebihan berat tubuh atau obesitas.
Analisis sudah tunjukkan jika kehilangan di antara 5 serta 10% dari keseluruhan berat tubuh Anda bisa turunkan persentase trigliserida sampai 20%.

2. Genetik
Beberapa keadaan yang membawa dampak persentase trigliserida tinggi bisa diwariskan, serta disebut yaitu hipertrigliseridemia familial. Dalam masalah ini, persentase trigliserida tinggi tidak bisa di hindari. Tetapi, dokter bisa memberikan Anda obat trigliserida, yang dapat menolong Anda turunkan kadarnya yang tinggi.

3. Tak aktif lewat cara fisik
TIdak bergerak aktif beresiko membawa dampak penyakit ini. Karenanya, olahraga moderat dapat menolong mempertahankan kesehatan jantung Anda – serta persentase trigliserida Anda di dalam rata-rata yang sehat.

4. Keadaan tersendiri
Beberapa penyakit sebagai yang menimbulkan trigliserida tinggi salah satunya hipotiroidisme, diabetes, serta sindrom metabolik. Dengan menguasai keadaan medis ini – baik lewat membuat perubahan pola hidup atau obat-obatan – Anda bisa juga menolong turunkan persentase trigliserida.

5. Makan karbohidrat olahan berlebihan serta lemak bosan
Kerap atau kebanyakan memakai karbohidrat olahan berubah menjadi pembawa naiknya triglkiserida Anda. Diet penurun lipid yang terdiri dalam banyak buah-buahan, sayuran, protein tanpa ada lemak, serta karbohidrat kompleks bisa menolong mengawasi persentase trigliserida terus teratasi.

6. Merokok
Suka mengisap rokok pun berubah menjadi salah satunya sebabnya, karenanya berhentilah pada rutinitas tidak baik ini.

Berhenti merokok tidak sekedar bisa turunkan resiko Anda terserang trigliserida tinggi – namun bisa juga menolong menahan keadaan medis yang lain, seperti penyakit jantung, emfisema, serta kanker paru-paru.

7. Minum obat-obatan tersendiri
Obat ini termasuk juga estrogen, protease inhibitor, serta kortikosteroid. Sebagian dari obat-obatan ini mungkin dibutuhkan lewat cara medis, sampai-sampai pemasok pelayanan kesehatan Anda dapat mengawasi persentase lipid Anda. Dia mungkin butuh mengatur dosis Anda bila trigliserida Anda terlampau tinggi.

8. Kebanyakan minum alkohol
Batasi banyaknya minum alkohol bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung, serta persentase trigliserida. Analisis sudah tunjukkan jika alkohol bisa pengaruhi lipid lewat cara negatif dalam kalau minum alhohol terlalu berlebih, jadi direkomendasikan biar Anda batasi alkohol maksimal 1 gelas /hari bila Anda wanita, serta maksimal dua gelas /hari pada pria.

Unsur resiko trigliserida tinggi yang lain mencakup:

Kehamilan
Beta-blocker
Estrogen (pil KB, therapy hormon)
Isotretinoin untuk jerawat
Kortikosteroid untuk keadaan seperti asma serta radang sendi
Obat penurun cholesterol tersendiri
Protease inhibitor untuk HIV
Penekan kekuatan (seperti sirolimus)
Beberapa antipsikotik (obat kesehatan mental)
Trigliserida yakni lemak darah yang dibawa oleh lipoprotein. Persentase trigliserida tinggi yakni yang menimbulkan penting dari sejumlah penyakit arteri serta umumnya ketimbang dengan cholesterol dengan memakai lipoprotein elektroforesis.

Kalau berlangsung penambahan konsentrasi trigliserida dalam darah karena itu berlangsung penambahan very low density lipoprotein (VLDL) yang membawa dampak hiperlipoproteinemia. Minum alkohol bisa membawa dampak penambahan sesaat persentase trigliserida serum. Sampai di sini, semestinya Anda telah mengetahui yang menimbulkan trigliserida tinggi, kan?

Baca pula: Sebegitu Besarkah Efek Trigliserida Pada Asam Urat
Tanda-tanda Trigliserida Tinggi yang Perlu Dicermati
Banyak orang-orang tak mengerti jika mereka mempunyai persentase trigliserida tinggi dalam badan sebab keadaan ini tak mengakibatkan tanda-tanda yang detail. Banyak orang sadari jika mereka mempunyai trigliserida tinggi lewat tes darah teratur, seperti panel lipid puasa. Tetapi, banyak orang-orang yang mengontrolnya cholesterol mereka tak mendapat trigliserida mereka dicheck saat yang sama.

Tingkat trigliserida tinggi saja tak membuahkan tanda-tanda. Namun bila penyakit jantung koroner berkembang, tanda-tanda trigliserida tinggi mungkin termasuk juga:

Sakit dada
Serangan jantung
Stroke
Saat tingkat trigliserida begitu tinggi, Anda mungkin saja alami:

Deposit cholesterol yang disebutkan xanthomas — endapan lemak ini bisa terjadi pas dibawah kulit, dibawah mata serta tampil seperti garis-garis kekuningan
Nodul di siku atau lutut
Beberapa erupsi kulit yang berwarna kekuningan serta mempunyai ukuran kecil
The American Heart Association mereferensikan jika tiap-tiap orang yang berumur di atas 20 tahun mempunyai persentase trigliserida serta kolesterolnya dicheck tiap-tiap lima tahun.

Analisis Trigliserida Tinggi
Satu tes darah yang disebutkan perbuatan panel lipid trigliserida serta cholesterol. Anda mesti tes ini selesai puasa (tak makan atau minum apa-pun terkecuali air) sepanjang minimum 12 jam.

Orang dewasa mesti mendapat tes skrining ini tiap-tiap lima tahun atau bertambah cepat. Bila Anda mempunyai diabetes, histori keluarga trigliserida tinggi, atau unsur resiko lain, Anda mungkin butuh skrining amat sering, sesuai sama arahan National Kolesterol Education Program (NCEP).

Trigliserida normal yakni 150 mg/dl. NCEP mengartikan batas-trigliserida tinggi 150-199 miligram per desiliter (mg/dL) serta trigliserida tinggi 200-499 mg/dL.

Trigliserida yang begitu tinggi yakni 500 mg/dL atau tambah tinggi. The Endocrine Society sebaliknya mengartikan hipertrigliseridemia dengan resiko penyakit (kotak).

Umumnya pasien trigliserida yang tinggi mempunyai persentase 150-999 mg/dL, yang memposisikan mereka pada resiko penyakit jantung. Sesaat di atas 2.000 mg/dL mengundang resiko tinggi untuk pankreatitis.

Langkah Turunkan Trigliserida Tinggi
Pasien dengan hipertrigliseridemia benar-benar kronis mesti berusaha untuk cari langkah turunkan trigliserida tinggi dalam darah mereka sampai dibawah 1.000 mg / dL, untuk kurangi resiko pankreatitis.

1. Pergantian pola hidup
Langkah turunkan trigliserida tinggi yang pertama yakni turunkan berat tubuh.

Bila Anda kelebihan berat tubuh, kerap olahraga, serta konsumsi makanan sehat rendah lemak bosan (jahat) yakni langkah yang pas untuk turunkan trigliserida tinggi. Terkecuali itu, batasi makan biji-bijian yang halus serta makanan olahan mesti Anda jauhi. Turuti anjuran dokter perihal batasi konsumsi alkohol, yang tingkatkan tanda-tanda trigliserida pada sebagian orang.

2. Obat trigliserida
Tidak cuman pergantian pola hidup, langkah turunkan trigliserida pun menyertakan therapy obat. Dokter mungkin bisa memberi resep beberapa model obat penurun persentase trigliserida untuk Anda.

3. Konsultasi perihal resiko serta fungsi obat trigliserida pada dokter
Obat trigliserida tak selamanya bisa membuat sembuh problem trigliserida tinggi.

Tetapi, penurunan berat tubuh serta pergantian pola hidup yang lain bisa turunkan trigliserida cukuplah tinggi untuk kurangi keperluan dari penyembuhan.

4. Mintalah pada dokter bila memandang endokrinologi
Dokter spesialis ini bisa mendapatkan serta menyembuhkan yang menimbulkan trigliserida dengan persentase yang tinggi dalam darah.

Demikian keterangan yang menimbulkan trigliserida tinggi sampai langkah mengatasinya. Mudah-mudahan berfaedah ya, Rekan Sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *