Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan?

Pada musim kemarau seperti saat ini, suhu udara di siang hari memang dapat sangat terasa panas serta menusuk. Untuk menyelesaikannya, banyak orang-orang yang pilih untuk mengkonsumsi air dingin atau air es. Akan tetapi, banyak orang-orang yang merasa rutinitas ini dapat kurang baik untuk badan. Apa asumsi ini memang benar?

Efek minum air dingin waktu cuaca sedang benar-benar panas
Banyak orang-orang yang mengatakan minum air dingin waktu cuaca sedang benar-benar panas dapat membuat proses pencernaan terusik. Bahkan juga, ada yang mengatakan perihal ini dapat menimbulkan flu atau batuk. Meski sebenarnya, menurut ahli kesehatan, asumsi ini belum semestinya benar.

Suatu riset yang dikerjakan oleh Abdollah Hosseinlou serta rekan-rekannya berjudul The Effect of Water Temperature and Voluntary Drinking on the Post Rehydration Sweating pada tahun 2013 memperlihatkan kalau minum air dingin dapat menolong mengawasi cairan badan, terutama waktu suhu udara sedang benar-benar panas. Perihal ini pasti menolong menahan dehidrasi.

Dalam riset ini, enam orang yang alami dehidrasi serta terkena cahaya matahari dengan suhu udara yang cukup panas disertakan. Partisan dibagi berubah menjadi dua grup, ialah yang mengkonsumsi air hangat serta air dingin. Hasilnya merupakan, mereka yang mengkonsumsi air dengan suhu 16 derajat tambah cepat dalam kembalikan keselarasan cairan badan.

Mereka yang minum air dingin condong tak keluarkan keringat dalam jumlahnya sejumlah partisan yang mengkonsumsi air hangat. Grup yang minum air dingin tidak juga gampang mau minum kembali dibanding dengan mereka yang mengkonsumsi air hangat.

Memandang kenyataan ini, tidak ada kelirunya untuk minum air dingin waktu suhu udara sedang benar-benar panas. Akan tetapi, seharusnya kita pilih air putih saja yang lebih sehat serta dapat kembalikan keselarasan cairan badan lebih baik, bukanlah minuman manis seperti minuman bersoda, minuman botolan dengan rasa yang manis, atau minuman dengan kandungan tinggi gula yang lain untuk menahan kenaikan berat tubuh atau resiko diabetes.

Resiko minum air dingin terlalu berlebih
Walau dapat menolong kembalikan keselarasan cairan badan, ahli kesehatan memberi saran kita untuk batasi mengonsumsi minuman dingin. Bila kita meminum kebanyakan, maka membuat efek kesehatan.

Tersebut disini bermacam efek minum air dingin terlalu berlebih untuk badan:

1. Dapat mengganggu aliran pencernaan
Ahli kesehatan mengatakan minum air dingin dengan terlalu berlebih dapat pengaruhi keadaan pencernaan. Badan mengusahakan untuk menyejajarkan suhu air dari yang awalannya dingin berubah menjadi sesuai suhu internal badan, ialah 37 derajat Celcius. Perihal ini dapat membuat daya badan dicurahkan ke aliran pencernaan untuk menolong proses ini.

Sayangnya, soal ini pun dapat pengaruhi proses pencernaan yang lain. Proses penyerapan nutrisi dari makanan lantas tak kan maksimum.

2. Dapat membuat denyut jantung mengalami penurunan
Minum air dingin kebanyakan bisa juga membuat denyut jantung mengalami penurunan. Perihal ini dipicu oleh saraf vagus dapat turut dipengaruhi dengan suhu dingin ini. Perihal ini pula yang selanjutnya membuat irama jantung mengalami penurunan.

Keadaan ini dapat membuat perputaran darah ke bermacam anggota tubuh selanjutnya turut mengalami penurunan serta selanjutnya turut pengaruhi distribusi nutrisi serta oksigen. Bermacam metode serta jaringan badan selanjutnya tidak dapat memiliki fungsi dengan maksimum.

Memandang kenyataan ini, sebaiknya memang kita tak terlalu berlebih dalam mengkonsumsi air dingin. Walau suhu udara sedang benar-benar panas serta menusuk, makanlah sesuai kebutuhan saja. Bila memang masih haus, kita dapat mengkonsumsi air putih dengan suhu normal yang bisa juga menyejajarkan kembali cairan badan serta menahan dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *