Keringat Dingin: Penyebab, Ciri-Ciri, Cara Mengatasi

Badan akan dengan cara alamiah keluarkan keringat disaat tengah ada pada tempat bersuhu panas, setelah beraktivitas fisik, atau waktu suhu badan alami penambahan gara-gara demam. Namun, sudah pernah badan Anda keluarkan keringat, bahkan juga sewaktu diam serta pada tempat dengan suhu dingin? Apabila ya, karena itu ini disebutkan keringat dingin. Apa pemicu keringat dingin? Bagaimana caranya menyelesaikannya?

Apa Itu Keringat Dingin?
Keringat dingin yaitu satu situasi dimana badan keluarkan keringat dengan cara tidak lumrah. Tujuannya tidak lumrah di sini yakni, keringat keluar bahkan juga waktu suhu badan tengah tidak ada penambahan, juga Anda tengah tidak ada pada tempat bersuhu panas serta beraktivitas fisik.

Bukannya kulit merasakan kepanasan, yang Anda alami disaat tampak keringat dingin yaitu, badan merasakan kedinginan serta permukaan kulit jadi lembap. Keringat dingin (hiperhidrosis sekunder) hakikatnya sebagai signal atau tanda-tanda dari satu penyakit, dimulai dari penyakit yang sifatnya gampang, bahkan juga sampai penyakit serius yang termasuk genting.

Pemicu Keringat Dingin
Seperti yang udah diungkapkan awal kalinya, keringat dingin yaitu signal atau tanda-tanda dari satu penyakit tersendiri. Dibawah ini yaitu situasi pemicu keringat dingin yang butuh Anda tahu sekalian cermati.

1. Migrain
Sakit kepala samping (migrain) yaitu model sakit kepala yang satu diantara gejalanya yaitu keringat dingin. Karenanya rasa ngilu yang disebabkan waktu migrain ini condong kritis, sampai badan butuh keluarkan keringat dingin buat memberi respon rasa ngilu itu.

2. Vertigo
Vertigo yaitu situasi dimana penderitanya alami rasa pusing yang benar-benar hebat, sampai dia merasakan dianya tengah berputar. Penyakit vertigo ini pun jadi pemicu keringat dingin, di samping timbulnya beberapa gejala lain, misalnya:

Problem pandangan (diplopia)
Telinga berdengung (tinnitus)
Problem bicara
3. Mual
Waktu Anda ada dalam situasi mual serta mau muntah, tidak hanya perasaan tidak nyaman, keluarnya keringat dingin dari pada badan jadi tanda-tanda yang lain yang umum dirasa.

Mual sendiri dipicu oleh banyaknya elemen, dari mulai penyakit lambung, resikonya obat, atau bahkan juga karena sebab makan kebanyakan.

4. Infeksi
Infeksi, seandainya hingga mengundang demam, akan dengan cara automatic memicu keringat dingin pada badan. Juga demikian disaat infeksi udah dalam bagian yang kritis (sepsis), karena itu situasi ini dapat mengundang syok yang satu diantara gejalanya yaitu tampak keringat dinging.

5. Hipotensi
Pemicu keringat dingin sesudah itu hipotensi. Hipotensi yaitu arti buat memvisualisasikan situasi dimana tekanan darah ada dibawah normal. Hipotensi sebetulnya sebagai situasi yang lumrah, serta biasanya berlangsung waktu Anda tengah tidur atau beraktivitas gampang.

Namun, ada masalah dimana hipotensi ini hingga memicu minimnya suplai oksigen pada otak, juga beberapa organ badan yang lain. Apabila demikian, karena itu hipotensi bisa digolongkan jadi situasi beresiko serta mesti lekas dikerjakan.

6. Hipoglikemia
Apabila pada hipotensi yang ada dibawah batas normal yaitu tekanan darah, karena itu pada hipoglikemia, yang ada dibawah batas normal yaitu gula darah. Situasi ini pun jadi pemicu keringat dingin keluar di sekujur badan penderitanya.

7. Hipoksia
Waktu Anda tengah ada pada tempat yang minim oksigen (seperti di dataran tinggi), soal in lalu akan berbuntut pada situasi yang dinamakan hipoksia. Hipoksia berlangsung disaat suplai oksigen ke beberapa organ badan menyusut, pastinya dipicu sebab badan tidak dapat hirup banyak oksigen pada tempat tinggi itu. Resikonya, badan akan bereaksi melalui cara keluarkan keringat dingin.

8. Hipertiroidisme
Hipetiroidisme yaitu situasi dimana kelanjar tiroid jadi terlampau aktif, sampai produksi hormon tiroksin jadi terlalu berlebih. Hipertiroidisme diikuti oleh tanda-tanda satu diantaranya keringat dingin. Situasi ini butuh perlakuan medis, walaupun bukan termasuk kondisi yang genting.

9. Menopause
Disaat satu orang wanita masuk periode menopause, yaitu berhentinya siklus menstruasi gara-gara pergantian keserasian di antara hormon progesteron serta estrogen, karena itu keringat dingin jadi satu diantara tanda-tanda yang umum di alami, tidak hanya tanda-tanda yang lain seperti hot flashes.

10. Syok
Disaat saluran darah ke otak serta beberapa organ krusial yang lain, perihal ini menimbulkan suplai oksigen serta nutrisi jadi menyusut. Pada perubahannya, situasi itu bisa memicu syok. Keringat dingin jadi satu diantara tanda-tanda dari syok. Sayangnya, syok terhitung ke situasi yang beresiko serta bisa meneror jiwa apabila tidak lekas dikerjakan.

11. Penyakit Jantung
Hati-hati, sebab keringat dingin yang Anda alami kemungkinan tandanya tersedianya penyakit jantung. Beberapa ciri keringat dingin gara-gara penyakit jantung diikuti oleh tanda-tanda yang lain, ialah:

Ngilu dada
Ngilu leher, punggung, rahang, serta perut
Sesak napas
Kepala pusing
Lekas singgahi dokter seandainya Anda rasakan beberapa gejala itu supaya bisa lekas dilaksanakan perlakuan medis sebelum situasi semakin bertambah kritis.

12. Kanker
Tidak hanya jantung, penyakit membahayakan yang lain yang diikuti dengan keringat dingin yaitu kanker. Model kanker yang disebut mencakup kanker limfoma, kanker darah (leukemia), serta kanker tulang. Tidak hanya itu, terapis kanker seperti kemoterapi serta radioterapi punya harapan memicu resikonya berbentuk keringat dingin.

13. Hilang Kesadaran
Hilang kesadaran sekejap atau tidak sadarkan diri biasanya di mulai oleh tanda-tanda keringat dingin pada penderitanya. Situasi ini biasanya terjadi sejenak sebelum pasien selanjutnya sungguh-sungguh tidak sadarkan diri.

14. Luka
Luka yang muncul, baik gara-gara kecelakaan, amputasi, serta yang lain, punya harapan memicu penderitanya alami keringat dingin, intinya waktu rasa ngilu gara-gara luka tengah kumat.

15. Depresi
Depresi atau rasa kuatir berlebihan jadi pemicu keringat dingin yang wajar di alami tiap orang, jadi contoh satu orang yang merasakan takut (grogi) disaat akan tampil di depan umum.

16. Obat-Obatan
Pemakaian obat-obatan tersendiri dapat juga mengakibatkan badan keluarkan keringat dingin. Anda dapat saja buat alami keringat dingin seandainya memakai obat-obatan misalnya:

Obat anti ngilu (naproxen, oxycodone, paracetamol, celecoxib)
Antibiotik
Obat hormonal (levothyroxine)
Diagonis Keringat Dingin
Keringat dingin yaitu tanda-tanda dari satu penyakit. Oleh karena itu, butuh dilaksanakan kontrol buat menegaskan penyakit apa yang memicu berlangsungnya keringat dingin pada pasien.

1. Anamnesis
Dokter akan ajukan beberapa pertanyaan berhubung dengan keluh kesah yang di alami:

Udah berapakah lama situasi ini terjadi?
Apakah saja yang dirasa tidak hanya keringat dingin?
Apa miliki kisah penyakit tersendiri?
Tengah memakai obat apa?
2. Kontrol Fisik
Selanjutnya, dokter akan periksa situasi fisik pasien dengan mengacu pada beberapa ciri atau tanda-tanda satu penyakit tersendiri. Misalkkan, adakah pembengkakan di sejumlah bagian badan dan seterusnya.

3. Kontrol Penyokong
Oleh sebab keringat dingin dapat dipicu oleh tersedianya penyakit dalam, karena itu dokter akan lakukan kontrol penyokong buat mendalami pemicu keringat dingin selanjutnya. Kontrol penyokong yang dilaksanakan seperti CT Scan, MRI, USG, Endoskopi, serta beberapa tes laboratorium yang lain.

Langkah Menanggulangi Keringat Dingin
Keringat dingin tidaklah situasi yang dapat dipandang sebelah mata, mengingat perihal ini jadi tandanya jika ada yang salah dengan badan Anda.

Langkah menanggulangi tubuh lemas serta keluar keringat dingin juga sesuai dengan penyakit yang memicu situasi itu. Jadi contoh, keringat dingin yang dipicu oleh hiperglikemia, karena itu langkah menanggulangi keringat dingin yang satu ini yaitu dengan lakukan penyembuhan hiperglikemia.

Tidak hanya itu, langkah menanggulangi keringat dingin dapat juga dengan gunakan cara seperti berikut ini:

Iontophoresis, yaitu menghantarkan arus listrik memiliki kekuatan rendah ke kulit pasien, buat menyumpal kelenjar keringat. Namun, cara ini cuma punya sifat sesaat
Botulinum toxin, yaitu menangkis saraf pemberi signal pada badan buat menghasilkan keringat
Itu ia kabar tentang keringat dingin tersebut pemicu serta langkah menyelesaikannya. Mudah-mudahan berguna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *