Hepatitis D: Penyebab, Cara Penularan, Gejala, Pengobatan, dll

Ada lima tipe jenis hepatitis. Mungkin Anda seringkali dengar hepatitis A, B, serta C, akan tetapi bagaimana dengan hepatitis D? Hepatitis D merupakan jenis hepatitis yg kurang akrab di telinga penduduk sebab jarang-jarang dikatakan.

Meskipun demikia, jenis penyakit hepatitis ini tidak dapat disepelekan. Dengan demikian, tahu selanjutnya yang memicu, metode penebaran hepatitis D, tanda-tanda hepatitis D, studi, komplikasi, penyembuhan, serta mencegahan infeksi hepatitis D!

Apa yang dimaksud hepatitis D?
Hepatitis D merupakan penyakit infeksi yg diakibatkan oleh virus hepatitis D

Penyakit hepatitis jenis D ini di kenal juga jadi Delta Hepatitis. Pasien hepatitis D rata-rata alami atau sudah terserang hepatitis B.

Ini dipicu, virus hepatitis D merupakan virus yg tidak komplet serta butuh virus hepatitis B untuk dapat bereplikasi. Hepatitis D dapat berlangsung dengan dua metode, ialah koinfeksi serta super infeksi.

Dijelaskan koinfeksi kalau pasien tertular hepatitis D serta hepatitis B lewat cara berbarengan. Super infeksi berlangsung kalau pasien sudah alami hepatitis B lebih dahulu lalu berkembang jadi hepatitis D. Kerapkali, hepatitis D berlangsung lewat cara super infeksi.

Sama seperti bermacam tipe hepatitis, hepatitis D berbentuk menebar. Pasien hepatitis D sudah menebar ke pelbagai negara di dunia, khususnya di Amerika Selatan. Infeksi virus hepatitis D akan membawa dampak peradangan hati bahkan juga tidak berhasil hati kalau tidak lekas dikerjakan secara baik.

Jenis hepatitis D
Berdasar pada jangka periode berlangsungnya, penyakit hepatitis D terbagi dalam dua tipe. Ke-2 tipe hepatitis D ini miliki karakter yg tidak sama pada sisi tersendiri.

Berikut ini dua tipe jenis hepatitis D:

1. Hepatitis D kritis
Hepatitis D kritis merupakan jenis penyakit hepatitis D periode pendek.

Jenis ini berlangsung lewat cara mendadak serta rata-rata miliki tanda-tanda yg lebih kronis dibanding hepatitis gawat. Pada beberapa masalah, tanda-tanda hepatitis D kritis hampir seperti sama tanda-tanda hepatitis jenis lain.

2. Hepatitis D gawat
Infeksi hepatitis D gawat berlangsung kalau satu orang alami infeksi hepatitis D sepanjang 6 bulan atau lebih. Pada situasi gawat, hepatitis D dapat menambah komplikasi berlangsungnya sirosis hati.

Yang memicu hepatitis D
Hepatitis D diakibatkan oleh virus hepatitis D. Virus itu berbentuk menebar kalau Anda mengerjakan kontak langsung dengan cairan badan pasien yg terinfeksi. Anda akan alami infeksi hepatitis D kalau lewat cara berbarengan terinfeksi virus hepatitis B.

Faktor-faktor kemungkinan alami hepatitis D ialah:

Sejarah hepatitis B
Tidak berhasil menekuni penyembuhan serta mencegahan hepatitis B
Pecandu narkoba (yg disuntik)
Pekerja sex komersial
Sex bebas atau lakukan hubungan intim dengan pasien hepatitis D atau B
Menekuni terapis obat suntik atau intravena
Terima transfusi darah
Kontak dengan imigran dari negara dengan prevalensi hepatitis D tinggi
Metode penebaran hepatitis D
Metode penebaran hepatitis D seperti sama penebaran hepatitis B, yaitu lewat kontak dengan cairan badan pasien. Beberapa cairan badan yg dapat membuat satu orang tertular hepatitis D merupakan darah, cairan vagina, air mani (sperma), serta air seni.

Hepatitis D bisa pula berlangsung dari ibu ke anak sepanjang proses persalinan. Akan tetapi, meskipun sudah terkena hepatitis D, satu orang baru terinfeksi virus hepatitis D ini kalau udah terinfeksi virus hepatitis B.

Tanda-tanda hepatitis D
Penyakit hepatitis D miliki gejala-gejala walaupun pada beberapa masalah dapat berbentuk asimptomatik (tidak dengan diikuti tanda-tanda). Tanda-tanda hepatitis D seperti seperti hepatitis B, sampai-sampai susah dibedakan.

Tanda-tanda hepatitis D yg umum berlangsung serta butuh diawasi:

Demam
Mual serta muntah
Sakit perut
Seringkali merasakan capek
Nafsu makan menyusut bahkan juga tidak merasakan lapar
Alami ikterus (kulit serta mata menguning)
Pergantian warna urin jadi gelap
Pergantian warna feses menjad pucat
Ngilu otot serta sendi
Ruam kulit
Orang yg sudah alami tanda-tanda hepatitis D dapat alami tanda-tanda hepatitis B yg lebih tidak baik dari mulanya. Pasien hepatitis B yg awalnya tidak diikuti tanda-tanda dapat ada gejalanya kalau tanda-tanda hepatitis D mulai tampak.

Kapan pasien hepatitis D mesti ke dokter?
Selekasnya mengerjakan konsultasi dengan dokter kalau Anda sudah miliki tanda-tanda hepatitis D yg sudah dikatakan. Dokter akan mengerjakan beberapa perbuatan untuk menegakkan studi, sampai-sampai Anda dapat lakukan terapi penyembuhan lewat cara pas.

Studi infeksi hepatitis D
Ada sekian banyak perbuatan yg akan dilaksanakan dokter dalam rencana mengerjakan penegakkan studi hepatitis D, sampai-sampai hasilnya tepat. Studi akan dengan diawali pengumpulan kabar kesehatan pasien.

Selanjutnya, dokter akan mengerjakan kontrol fisik sehubungan isyarat atau tanda-tanda hepatitis D yg Anda alami. Tes darah akan dilaksanakan untuk menemukan anti-bodi hepatitis D. Kalau diketemukan anti-bodi ini, karena itu itu bermakna Anda sudah terkena virus hepatitis D.

Tes guna hati dapat dilaksanakan kalau dokter curigai ada kehancuran hati. Maksud dari tes itu merupakan untuk menyurvei guna hati lewat cara mengukur persentase protein, enzim, serta bilirubin dalam darah.

Komplikasi hepatitis D
Satu orang yg sudah terinfeksi hepatitis D akan tetapi tidak lekas mengerjakan penyembuhan dapat alami beberapa komplikasi. Komplikasi hepatitis D kritis dapat membawa dampak berlangsungnya tidak berhasil hati akan tetapi masalah ini jarang ada.

Hepatitis D gawat miliki komplikasi yg lebih kompleks. Komplikasi hepatitis D gawat di antarnaya adlaah sirosis hati, tidak berhasil hati, serta kanker hati. Pasien yg terinfeksi hepatitis D serta B miliki komplikasi yg lebih serius dibanding pasien yg cuma terinfeksi hepatitis B.

Metode sebagai obat hepatitis D
Sampai waktu ini, tidak ada obat untuk hepatitis D dengan cara langsung. Penyembuhan hepatitis D kerapkali berbentuk simptomatik. Metode sebagai obat hepatitis D gawat dengan memberikannya obat seperti interferon serta obat hepatitis B.

Metode menghindar penyakit hepatitis D
Metode menghindar hepatitis D yg paling efisien dengan menghindar berlangsungnya infeksi hepatitis B. Masalahnya tidak dengan virus hepatitis B, tak kan berlangsung hepatitis D. Mencegahan hepatitis B dilaksanakan dengan memberikannya vaksin hepatitis B. Diluar itu, ini bisa pula dilaksanakan dengan menjauhkan hal kemungkinan hepatitis D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *