Anhedonia: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Sudahkah pernah Anda merasakan kehilangan ketertarikan pada beberapa hal yang awalnya menyenangkan untuk Anda? Masalah ini bisa pertanda kalau Anda alami anhedonia. Situasi ini bisa pertanda tanda-tanda problem stres mayor atau problem mental yang lain. Anhedonia bisa juga diakibatkan oleh situasi medis khusus. Tahu selengkap-lengkapnya perihal anhedonia lewat artikel ini!

Apa Itu Anhedonia?
Anhedonia yaitu ketidaksanggupan untuk rasakan kesenangan atau kesenangan. Pada satu orang dengan anhedonia, beberapa hal yang awalnya bawa kesenangan tak kan berasa menyenangkan sewaktu dijalankan. Anhedonia bisa sebagai tanda-tanda stres mayor ataupun tanda-tanda problem kesehatan yang lain.

Untuk beberapa umumnya anhedonia dibagi berubah menjadi dua style pokok, yakni:

Anhedonia sosial, dimana satu orang tidak mau memakan waktu dengan orang.
Anhedonia fisiko, dimana satu orang tidak nikmati sensasi fisik seperti makanan pujaan yang berganti rasa berubah menjadi cemplang, pelukan yang tidak memberi rasa nyaman, serta kehilangan daya tarik pada sex.
Situasi ini bisa mempengaruhi pertalian sosial satu orang dengan bagian keluarga atau teman-temannya. Anda tak kan miliki motivasi untuk bersosialisasi atau memakan waktu bersama dengan orang. Anda pun tidak miliki ketertarikan untuk terlibat dalam beberapa acara sebab menganggap hal semacam itu tidak berfaedah.

Satu orang yang alami anhedonia bisa juga alami kekhawatiran sosial hingga kesukaran untuk berjumpa dengan orang, terpenting orang yang baru dikenalnya. Situasi ini bisa juga mempengaruhi pertalian percintaan. Satu orang dengan anhedonia tidak bisa mengekspresikan cinta atau mengutarakan rasa suka memakan waktu bersama dengan orang lantaran memang tidak miliki perasaan itu.

Yang menimbulkan Anhedonia
Anhedonia berkaitan erat dengan stres, akan tetapi tidak kebanyakan orang dengan anhedonia alami stres. Di lain sisi, tidak kebanyakan orang yang alami stres pula alami tanda-tanda satu ini. Pemanfaatan obat-obatan untuk menangani stres seperti antidepresan serta antipsikotik yang dipakai untuk menyembuhkan stres disangka bisa mengakibatkan anhedonia.

Anhedonia bisa berkaitan dengan problem mental lain seperti problem bipolar serta skizofrenia. Anhedonia bisa juga di alami oleh satu orang dengan situasi fisik khusus seperti penyakit Parkinson, diabetes, penyelewengan zat, serta penyakit arteri koroner.

Beberapa ilmuwan menerka kalau yang menimbulkan anhedonia yaitu pergantian pekerjaan otak. Satu orang dengan anhedonia miliki permasalahan pada otak dalam soal menghasilkan serta menanggapi dopamin, yang disebut senyawa kimia dalam otak yang berkaitan dengan rasa suka.

Hal efek anhedonia
Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan satu orang beresiko tambah tinggi alami anhedonia. Hal efek itu mencakup:

Miliki histori dilecehkan atau ditelantarkan
Alami momen traumatis atau depresi belumlah lama ini
Problem makan
Menyandang penyakit yang mempengaruhi mutu hidup
Menyandang penyakit serius
Semacam kelamin wanita.
Tanda-tanda Anhedonia
Tanda-tanda anhedonia bisa berlainan pada tiap-tiap orang. Tanda-tanda anhedonia yang umum mencakup:

Menarik diri dari kehidupan sosial.
Menarik diri dari pertalian yang awalnya udah terhubung.
Perasaan negatif pada diri kita serta orang.
Ekspresi verbal serta non-verbal yang lebih dikit lantaran menyusutnya kekuatan emosional.
Kesukaran untuk beradaptasi dalam kondisi sosial.
Hilangnya lobido serta interes pada keintiman fisik
Condong memberikan emosi palsu, seperti berpura-pura bahagia dalam suatu pertalian
Problem fisik yang persisten atau kerap sakit.
Penelitian Anhedonia
Dokter dapat mengerjakan interview pada pasien serta bertanya perihal tanda-tanda yang di alami serta perihal situasi hati pasien untuk beberapa umumnya. Anda bisa membuat daftar perihal tanda-tanda yang Anda alami sebelum berdiskusi dengan dokter. Anda bisa sebutkan beberapa momen dimana Anda merasakan kehilangan kesenangan.

Dokter butuh kepastian perihal tanda-tanda yang di alami pasien agar dapat menegakkan penelitian. Selanjutnya, dokter pula kemungkinan mengerjakan pengecekan fisik untuk menegaskan apa Anda miliki permasalahan fisik.

Pengecekan lain yang mungkin dijalankan yaitu seperti tes darah untuk tahu ada tidaknya defisiensi vitamin atau permasalahan tiroid yang mungkin berhubungan dengan problem mood Anda.

Kebanyakan anhedonia sebagai tanda-tanda dari problem mental atau problem fisik khusus. Oleh karena itu, dokter kali saja dapat mengerjakan pengecekan yang lain sesuai dengan situasi yang disangka menjadi dasar anhedonia.

Penyembuhan Anhedonia
Penyembuhan anhedonia bisa menjadi suatu kendala. Aksi yang diseleksi harus sesuai dengan yang menimbulkan yang menjadi dasar anhedonia tersebut. Contoh-contohnya seperti kalau anhedonia diakibatkan oleh stres, tentu saja perawatan untuk stres harus dijalankan untuk menangani situasi ini.

Pertama kali Anda bisa berdiskusi dengan tenaga medis profesional untuk tahu ada tidaknya situasi medis yang menjadi dasar anhedonia. Kalau diketemukan yang menimbulkan medis ini, dokter dapat menganjurkan penyembuhan untuk menangani situasi medis itu.

Kalau tidak diketemukan situasi medis yang menjadi dasar, karena itu dokter bisa memberi saran pada Anda untuk berdiskusi pada psikiater, psikolog, atau tenaga profesional kesehatan mental yang lain.

Sehabis tahu situasi mental yang menjadi dasar anhedonia, dokter dapat menganjurkan penyembuhan sesuai sama situasi mental yang Anda punyai. Kalau anhedonia diyakinkan sebagai tanda-tanda stres, perawatan yang mungkin dijalankan yaitu misalnya:

Obat-obatan, dokter bisa memberi resep antidepresan atau style kelas obat yang lain. Pakai obat sesuai sama dosis yang diminta untuk memperoleh hasil penyembuhan yang maksimum serta turunkan efek resikonya.
Therapy elektrokonvulsif, therapy untuk problem mental gunakan saluran listrik yang disalurkan ke badan. Perawatan ini diakui sebagai satu diantaranya perawatan yang paling efisien untuk menangani stres.
Stimulasi magnetik transkranial, therapy gunakan medan magnet untuk merangsang beberapa sel saraf. Therapy ini gunakan arus listrik akan tetapi lebih kecil dari elektrokonvulsif. Therapy ini diberi pada pasien stres berat yang tidak menanggapi pemanfaatan obat-obatan.
Stimulasi saraf vagus, dijalankan lewat cara menancapkan alat yang menyerupai dengan alat picu jantung pada dada untuk merangsang saraf vagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *