8 Bahaya Kekurangan Kalium bagi Kesehatan Tubuh

Badan perlu bermacam type mineral dan vitamin supaya metode badan dapat berjalan secara baik. Diantaranya yaitu kalium, oleh karena itu hindarilah alami kekurangan kalium (hipokalemia). Dengan penuhi kepentingan kalium tiap-tiap hari, badan bakal mempunyai sumber elektrolit yang cukup untuk meyakinkan jantung serta otot-otot badan melaksanakan kontraksi seperti rata-rata.

Sebelum lebih jauh membicarakan karena kekurangan kalium, lebih dahulu baca apa pemicu kekurangan kalium.

Pemicu Kerurangan Kalium Dalam Badan
Kekurangan kalium dapat berlangsung lantaran pelbagai argumen, seperti pemanfaatan pil air (diuretik), diare, serta penyelewengan pencahar parah adalah pemicu kekurangan kalium kerap. Penyakit serta beberapa obat pula turunkan takaran kalium dalam badan.

Dibawah ini yaitu pemicu kekurangan kalium dalam badan yang lain:

1. Problem ginjal
Problem ginjal khusus seperti asidosis tubulus ginjal, semisalnya alami tidak berhasil ginjal parah serta tidak berhasil ginjal kritis, alami kekurangan magnesium, leukemia, serta penyakit Cushing (serta problem adrenal yang lain).

2. Resiko obat-obatan
Efek pemanfaatan obat-obatan khusus peluang pula berubah menjadi pemicu kekurangan kalium, Seperti pil air (diuretik), obat-obatan yang diperlukan untuk asma atau emfisema (obat agonis beta-adrenergik seperti bronkodilator, steroid, atau teofilin), serta aminoglikosida (semacam antibiotik).

3. Perubahan kalium dalam badan
Perubahan kalium ke serta keluar sel bisa turunkan kalium yang diukur dalam darah, seperti pemanfaatan insulin serta keadaan metabolik khusus (seperti alkalosis).

4. Kurangi konsumsi makanan atau kekurangan gizi
Kekurangan konsumsi makanan yang berefek pada kekurangan gizi, yang rata-rata di alami oleh pasien anoreksia, bulimia, operasi bariatrik, serta alkoholisme.

Efek Kekurangan Kalium untuk Badan
Kalau alami kekurangan kalium tiap-tiap hari, peluang badan bakal beresiko dapatkan beberapa problem kesehatan yang disinyalir dengan tanda-tanda sebagaimana berikut ini:

1. Seringkali alami kepayahan
Kepayahan serta lesu rata-rata isyarat pertama karena kekurangan kalium. Ada sejumlah pemicu kekurangan kalium yang menyebabkan kekurangan serta kepayahan.

Pertama, kalium menunjang mengendalikan kontraksi otot. Disaat takaran kalium darah rendah, otot membuahkan kontraksi yang lebih lemah.

Kurang kalium bisa juga pengaruhi bagaimana badan memakai nutrisi, yang menyebabkan kepayahan.

Contoh, beberapa bukti memperlihatkan kalau kekurangan kalium bisa mengakibatkan kerusakan produksi insulin, yang menyebabkan takaran gula darah tinggi.

2. Kram serta kejang otot
Kram otot yaitu kontraksi otot yang dengan mendadak serta tak tertanggulangi. Ini bisa berlangsung karena kekurangan kalium dalam darah.

Dalam beberapa sel otot, kalium menunjang mengemukakan tanda dari otak yang merangsang kontraksi. Ini pun menunjang akhiri kontraksi dengan keluar dari sel otot.

Kala takaran kalium dalam darah rendah, otak tidak bisa mengemukakan sinyal-sinyal ini dengan efisien. Ini membuahkan kontraksi yang lebih lama, seperti kram otot.

3. Problem pencernaan
Problem pencernaan mempunyai banyak pemicu, diantaranya mungkin kekurangan kalium. Kalium menunjang mengemukakan tanda dari otak ke otot-otot yang terdapat di metode pencernaan. Sinyal-sinyal itu merangsang kontraksi yang menunjang metode pencernaan mengocok serta menggerakkan makanan sampai bisa diolah.

Disaat kurang kalium dalam darah, otak tidak bisa mengemukakan tanda dengan efisien. Lantas, kontraksi dalam metode pencernaan dapat semakin lebih lemah serta perlambat gerakan makanan. Keadaan ini bisa mengakibatkan problem pencernaan seperti kembung serta sembelit.

Terkecuali itu, beberapa pengamatan memperlihatkan kalau kekurangan kalium yang kronis bisa mengakibatkan usus berubah menjadi lumpuh keseluruhan.

4. Jantung berdebar
Kalau jantung Anda mendadak berdetak lebih keras, bertambah cepat, ataukah tidak berdetak, keadaan ini diketahui jadi jantung berdebar serta rata-rata dikaitkan dengan depresi atau kekhawatiran. Akan tetapi, jantung berdebar bisa pula berubah menjadi isyarat kekurangan kalium ketahui penyakit kalium.

Keadaan itu lantaran saluran kalium masuk serta keluar dari beberapa sel jantung menunjang mengendalikan detak jantung. Takaran kalium dalam darah yang rendah bisa mengedit saluran ini, membuahkan jantung berdebar.

Terkecuali itu, jantung berdebar mungkin isyarat aritmia atau detak jantung yang tak teratur, yang berkaitan dengan kurang kalium. Tak seperti palpitasi, aritmia dikaitkan dengan keadaan jantung yang serius.

5. Ngilu serta otot kaku
Ngilu serta kekakuan pada otot bisa pula berubah menjadi isyarat penyakit kekurangan kalium yang kronis. Tanda-tanda penyakit kalium ini bisa mengakibatkan kehancuran otot yang cepat, yang di kenal juga jadi rhabdomyolysis.

Takaran kalium dalam darah menunjang mengendalikan saluran darah ke otot. Disaat kurang kalium dalam darah, pembuluh darah bisa berkontraksi serta batasi saluran darah ke otot.

Keadaan itu bermakna beberapa sel otot terima lebih dikit oksigen, yang bisa mengakibatkan pecah serta bocor. Ini membuahkan rhabdomyolysis, yang dibarengi dengan beberapa gejala seperti kekakuan serta ngilu otot.

6. Kesemutan serta mati rasa
Individu yang alami penyakit kekurangan kalium bakal rasakan kesemutan serta mati rasa yang persisten. Keadaan ini disebutkan paresthesia serta rata-rata berlangsung pada tangan, lengan, tungkai serta kaki.

Kalium sangat utama untuk manfaat saraf yang sehat. Resiko kekurangan kalium dalam darah bisa lemahkan tanda saraf, yang lantas mengakibatkan kesemutan serta mati rasa.

Terdadang individu yang alami beberapa gejala ini tak beresiko, kesemutan serta mati rasa yang tiada henti mungkin adalah isyarat dari keadaan yang mendasarinya. Akan tetapi, selekasnya hubungi dokter jika alami paresthesia persisten.

7. Sukar bernapas
Resiko kekurangan kalium yang kronis bisa mengakibatkan persoalan bernapas. Keadaan ini lantaran kalium menunjang mengemukakan tanda yang merangsang paru-paru untuk berkontraksi serta berkembang. Disaat takaran kalium dalam darah benar-benar rendah, paru-paru mungkin tak mengembang serta berkontraksi secara baik, sampai menyebabkan sesak napas.

Efek kekurangan kalium bisa juga mengakibatkan badan kehabisan napas, lantaran mengakibatkan detak jantung tak normal. Ini bermakna lebih dikit darah yang dipompa dari jantung ke semua badan. Darah bisa mengantar oksigen ke semua badan, sampai saluran darah yang berganti mengakibatkan sesak napas.

Efek kekurangan kalium pada badan bisa juga hentikan kapasitas paru-paru yang menyebabkan fatal.

8. Pergantian kondisi hati
Resikonya kekurangan kalium pula dikaitkan dengan pergantian kondisi hati (mood) serta kepayahan mental. Kurang kalium dalam darah bisa mengganggu tanda yang menunjang menjaga manfaat otak yang maksimum.

Berdasar hasil analisa, periset menemukannya kalau 20% pasien yang menanggung derita problem mental alami penyakit kekurangan kalium.

Sumber Kalium dari Pelbagai Ragam Makanan
Trik simpel serta terunggul untuk penuhi konsumsi kalium dalam badan yakni dengan mengkonsumsi semakin banyak makanan yang memiliki kandungan banyak kalium seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan serta biji-bijian.

Jika merujuk pada otoritas kesehatan di Amerika, yang udah memutuskan recommended daily intake/ RDI (konsumsi harian yang dianjurkan) untuk kalium pada 4,700 mg.

Berikut pelbagai makanan sumber kalium yang benar-benar baik dikonsumsi, beserta prosentase RDI yang terdapat dalam 100 gr makanan:

Bit hijau yang diolah: 26% dari RDI
Ubi yang dipanggang: 19% dari RDI
Kacang putih yang diolah: 18% dari RDI
Kerang yang diolah: 18% dari RDI
Kentang putih yang dipanggang: 16% dari RDI
Ubi jalar yang dipanggang: 14% dari RDI
Alpukat: 14% dari RDI
Kacang pinto yang diolah: 12% dari RDI
Pisang: 10% dari RDI
Tersebut resikonya kekurangan kalium yang butuh Anda cermati untuk memperhatikan kesehatan badan Anda. Penting untuk melaksanakan pencegahannya dengan penuhi konsumsi kalium dalam badan, dengan mengkonsumsi pelbagai ragam makanan yang memiliki kandungan banyak kalium seperti yang udah dikatakan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *