7 Warna Ingus yang Mengindikasikan Kondisi Kesehatan Anda

Cuaca yg kerap berganti bakal mengundang resiko terserang penyakit pilek atau flu. Sewaktu sedang pilek atau flu, Anda akan keluarkan cairan dari dalam hidung yg biasa disebutkan dengan ingus. Bila dilihat, ada beberapa jenis warna ingus yg keluar sewaktu pilek, warna yg keluar salah satunya bening, kuning, hijau, atau putih, tapi ada warna yang lain. Baca lebih komplet dibawah berikut ini.

Warna Ingus yg Berarti Situasi Kesehatan Badan
Warna ingus jadi satu isyarat jika ada suatu hal yg berlangsung di badan. Untuk selengkapnya, berikut style warna pada ingus serta apa yg memang berlangsung pada badan Anda, salah satunya:

1. Bening
Warna ingus yg pertama yaitu bening. Bila ingus yg keluar sewaktu pilek berwarna bening, karena itu dapat jadi tandanya jika badan dalam kondisi baik-baik saja. Lantaran, ingus yg berwarna bening sebagai hal yg lumrah sebab lendir yg sehat yaitu lendir cair yg berisi air dengan protein, anti-bodi, serta garam.

2. Kuning
Ingus berwarna kuning rata-rata bakal keluar seusai sekian hari alami pilek. Ini berarti jika tanda-tanda pilek sedang berkembang serta besar kemungkinan udah jadi infeksi.

Tidak cuma cairan berbentuk lendir saja yg bakal keluar, tapi sel darah putih yg ikut turut keluar. Situasi ini bakal berlangsung sepanjang 10 sampai 14 hari. Oleh karenanya, selekasnya melakukan pengecekan supaya bisa diselesaikan dalam sekejap.

3. Hijau
Sewaktu ingus berwarna hijau, ini jadi tandanya jika metode kekuatan badan Anda melakukan perlawanan. Lendir yg keluar bakal bawa beberapa sel putih yg mati. Situasi ini bakal menjadi memprihatinkan bila berlangsung sepanjang lebih dari 12 hari. Lantaran, mungkin saja Anda alami sinusitis atau infeksi bakteri. Serta pastinya, Anda mesti selekasnya pergi ke dokter serta mengontrolnya dengan serius.

4. Putih
Warna ingus putih berarti jika berlangsung pembengkakan pada jaringan yg meradang serta meperlambat saluran lendir. Soal ini membuat lendir kehilangan kelembaban serta membuat lebih tebal serta keruh. Diluar itu, tidak cuma jadi tandanya sedang pilek, tapi mungkin saja infeksi hidung.

5. Cokelat
Warna ingus cokelat bisa memberikan indikasi peluang pendarahan, yg peluang dikarenakan oleh pendarahan yg berlangsung sejumlah waktu lalu. Ingus merah atau merah muda jelas bermakna pendarahan berlangsung beberapa waktu terakhir.

6. Merah
Warna ingus merah berarti kehadiran darah. Terdapat banyak faktor kenapa darah dalam ingus. Bahkan juga kerap batuk, seperti infeksi pernafasan, kadang-kadang membawa dampak pembuluh darah kecil di paru-paru atau aliran udara pecah serta berdarah.

Sesaat dalam situasi lain, darah dalam ingus bisa memberikan indikasi tersedianya situasi medis yg serius.

7. Hitam
Warna ingus hitam mungkin sebagai isyarat infeksi jamur yg serius. Biarpun tidak umum, orang dengan metode kekuatan badan yg riskan mungkin riskan pada style penyakit ini.

Ada empat style infeksi jamur pada sinus, mencakup:

Mycetoma fungal sinusitis
Style ini dibuat dari gumpalan spora yg menyerang rongga sinus. Perawatan bisa dijalankan dengan pengikisan sinus yg terinfeksi.

Allergic fungal sinusitis
Style infeksi jamur ini amat sering berlangsung pada seorang dengan kisah rinitis alergi. Infeksi mesti diangkat lewat pembedahan.

Chronic indolent sinusitis
Style ini banyak diketemukan di beberapa daerah seperti Sudan serta India. Gejalanya terhitung sakit kepala, pembengkakan muka, serta masalah pandangan.

Fulminant sinusitis
Style ini bisa membawa dampak kehancuran pada sinus serta ruang tulang yg berisi bola mata serta otak.

Struktur Ingus yg Berarti Kesehatan Badan
Batuk atau bersin mendukung badan menghalau benda asing atau beresiko. Ingus yg sehat rata-rata punyai struktur yg encer. Dahak juga bisa punyai struktur yg tidak serupa, dimulai dengan yg encer sampai yg tebal serta lengket. Ingus yg bening serta encer rata-rata normal serta berarti aliran pernafasan yg sehat.

Sepanjang infeksi, beberapa sel kekuatan badan, kuman, serta kotoran menumpuk dalam dahak, membuat lebih lengket, tebal, serta warnanya lebih gelap.

Batuk serta bersin sebagai tanggapan yg mendukung badan untuk bersihkan lendir atau dahak yg berlebihan serta benda asing di aliran pernafasan.

Sesaat pemicu ingus jadi lebih tebal yaitu sebab badan alami dehidrasi atau bahkan juga tidur.

Dahak berwarna merah muda serta berbusa berarti seorang alami tidak berhasil jantung bagian kiri yg kritis, terpenting bila tampak tanda-tanda sesak napas, berkeringat, serta sakit dada. Siapa lantas yg alami tanda-tanda ini mesti selekasnya mendapatkan perlakuan dokter.

Metode Menangani Ingus yg Tidak Normal
Warna ingus putih, kuning, atau hijau rata-rata bisa diobati di dalam rumah. Triknya dengan beberapa istirahat serta masih terhidrasi. Sebab dehidrasi bisa membawa dampak dahak jadi kental serta merepotkan untuk batuk. Selanjutnya Yaitu cara-cara lain yg mungkin dapat Anda coba di dalam rumah:

1. Memakai pelembap udara
Pelembap udara bisa mendukung melembapkan udara, yg membantu pernafasan, membuat lebih simpel batuk, serta bikin lancar dahak ketahan di dada.

2. Minyak kayu putih atau peppermint
Minyak prinsipil kayu putih atau peppermint yaitu bahan aktif yg diketemukan di banyak minyak gosok yg dipasarkan bebas.

Kala digosok-gosokkan di dada, minyak ini bisa mendukung rileksasi, tingkatkan pernafasan, serta membuat batuk lebih produktif untuk keluarkan dahak.

Bila memakai minyak prinsipil dengan cara langsung, terlebih dulu encerkan dengan dikit minyak kelapa sebelum dioles-oleskan ke dada. Minyak yg tidak dicampurkan kadang tyerasa sensasi pedas bila dipraktekkan langsung ke kulit.

3. Ekspektoran
Ekspektoran yg dipasarkan bebas, seperti guaifenesin, bisa mendukung mencairkan dahak, hingga lebih simpel untuk batuk.

Ekspektoran ada untuk beberapa anak serta orang dewasa serta ada di apotek. Penting untuk dilihat! Membaca saran serta minum obat sama seperti yg disuruh dalam paket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *