7 Manfaat Duduk Tegak untuk Kesehatan

Melatih sikap duduk tegak telah dikerjakan mulai sejak kita di kursi sekolah. Tidak cuman buat nampak rapi, sikap duduk tegak pun bersangkutan dengan postur badan yang baik. Akan tetapi tidak cuman ke-2 fakta itu, nyata-nyatanya masih terdapat sejumlah fungsi duduk tegak yang lain yang tak dikira-kira, lho!

Fungsi Duduk Tegak
Sudahkah Anda miliki postur badan yang benar? Tak kebanyakan orang dituntut untuk duduk atau berdiri tegak tiap-tiap hari. Beberapa dari kita yang mungkin baru mengerti kalau postur badan kita salah sehabis rasakan sakit pada beberapa bagian badan. Walau sebenarnya, duduk tegak bukan lah hal yang sukar untuk dikerjakan serta nyata-nyatanya miliki sangat banyak fungsi untuk kesehatan.

Berikut 7 fungsi duduk tegak yang mungkin tak Anda sadari!

1. Menolong bernapas lebih baik
Postur badan satu orang nyata-nyatanya mempunyai pengaruh pada bagaimana satu orang bernapas.

Satu diantaranya fungsi duduk tegak yaitu bisa menolong Anda bernapas lebih baik. Kajian tunjukkan kalau saat satu orang membungkuk, otot serta tendon sisi depannya bisa jadi lebih pendek. Keadaan ini bikin satu orang akan tambah sukar untuk ambil napas dalam-dalam.

Apabila Anda duduk tegak serta melakukan perbaikan postur badan, pernafasan bisa bertambah sampai 30%. Saat Anda di dalam situasi grogi, coba untuk duduk tegak serta menarik napas lebih dalam, masalah ini bisa menolong Anda rasakan lebih tenang serta santai.

2. Bebas dari sakit punggung
Postur badan yang tak baik bisa memicu ngilu pada bermacam ruang badan seperti bahu, leher, pergelangan tangan, serta yang seringkali yaitu punggung.

Banyak hal yang bisa memicu satu orang dapatkan sakit punggung, namun satu diantaranya fakta paling normalnya yaitu karena sering membungkuk atau postur badan yang jelek. Membungkuk bisa memicu tambah banyak dorongan pada tulang belakang dan otot-otot yang berada di sekelilingnya.

Terkecuali itu, membungkuk dapat juga memicu dorongan saraf serta bikin saluran darah berubah menjadi hanya terbatas. Semua dampak dari membungkuk ini lantas memicu rasa sakit pada punggung Anda.

Fungsi duduk tegak yaitu supaya tulang, ligamen, otot serta sendi tetap lurus serta tekanan-tekanan dan kemelut itu bisa di hilangkan serta tak muncul rasa sakit pada punggung.

3. Menambah konsentrasi
Apa Anda rasakan kesukaran untuk berkonsentrasi saat melakukan suatu pekerjaan? Mungkin Anda mesti mulai perhatikan postur badan Anda waktu masalah ini berlangsung.

Postur badan nyata-nyatanya bisa mempengaruhi konsentrasi satu orang. Saat Anda berusaha untuk melakukan perbaikan postur badan dengan duduk tegak, peredaran darah akan tambah lancar serta badan kirim tambah banyak darah yang kaya oksigen ketujuan otak.

Untuk itu, saat rasakan sukar untuk berkonsentrasi serta lemas atau mengantuk, coba untuk menegakkan badan Anda. Konsentrasi Anda bisa kembali serta Anda bisa lebih konsentrasi bahkan juga tak perlu ambil 1 cangkir kopi atau minuman tambah energi.

4. Menambah kekuatan, optimisme, serta kondisi hati
Tidak cuman bisa menolong menambah konsentrasi, fungsi duduk tegak yang lain yaitu bisa menambah kekuatan, optimisme, serta kondisi hati satu orang.

Suatu kajian dikerjakan oleh Dr. Erik Peper sebagai profesor kesehatan holistik dari San Francisco State University terkait bagaimana postur badan mempunyai pengaruh pada kekuatan, kondisi hati, serta tingkat stres. Kajian ini membagi siswa berubah menjadi dua group serta mensyaratkan siswa untuk berjalan melalui lorong secara berlainan.

Group yang berjalan dengan melonjak didapati miliki tingkat kekuatan tambah tinggi serta tingkat stres lebih rendah dibanding dengan siswa yang berjalan dengan membungkuk. Suatu kajian pun dikerjakan di Auckland University serta tunjukkan kalau keadaan ini pun berlaku untuk sikap duduk kita.

5. Menambah metode pencernaan
Apabila awal kalinya sudah disinggung terkait fungsi duduk tegak berkenaan metode pernafasan, lalu fungsi duduk tegak berkenaan dengan metode pencernaan.

Jaga postur badan bisa menambah metode pencernaan satu orang. Saat membungkuk, organ pencernaan dapat alami dorongan, masalah ini bikin organ-organ itu kerja dengan kurang maksimum.

Membetulkan postur badan dapat menolong organ pencernaan kerja lebih normal. Anda dapat juga bebas dari bermacam permasalahan pencernaan seperti sembelit, penyakit asam lambung, serta permasalahan pencernaan yang lain.

6. Menambah keyakinan diri
Fungsi duduk tegak lalu bisa menambah keyakinan diri satu orang.

Studi psikologi tunjukkan kalau postur badan membungkuk bikin satu orang berubah menjadi kurang yakin diri atau bahkan juga rasakan kurang kompeten. Sebaliknya, duduk tegak bisa menyaratkan satu orang yakin diri serta duduk dengan gaya yang disebutkan dengan gaya kekuasaan.

Tidak cuman duduk tegak, berdiri tegak dapat juga bikin satu orang seperti pancarkan keyakinan diri. Bahasa badan bisa kirim isyarat pada diri pribadi serta orang terkait isi pemikiran, sikap, serta emosi kita.

Untuk itu, apabila mau nampak yakin diri serta mau mensugesti diri supaya lebih yakin diri, coba untuk duduk tegak serta berdiri tegak saat Anda ada dalam suatu komunitas seperti rapat atau interviu kerja.

7. Bikin Anda lebih bahagia
Siapa duga kalau sikap duduk atau postur badan bisa mempengaruhi kebahagiaan satu orang?

Bagaimana masalah ini bisa berlangsung? Masalah ini masih bersangkutan dengan fungsi duduk tegak yang dapat menambah kekuatan, dapat turunkan tingkat stres, serta menambah jumlahnya oksigen yang dikirim ke otak.

Minimnya oksigen pada otak bisa memicu depresi yang memicu produksi neurotransmitter serotonin yang mempengaruhi kondisi hati yang positif. Terkecuali itu, studi lain pun tunjukkan kalau duduk tegak bisa menolong turunkan persentase hormon kortisol yang diketahui jadi hormon depresi.

Itu ia bermacam fungsi duduk tegak yang kudu untuk didapati. Silakan mulai betulkan postur badan Anda mulai ini hari untuk dapatkan badan yang lebih sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *