14 Penyakit Aneh & Langka di Dunia (Salah Satunya Ada di Indonesia)

Beraneka type penyakit mengawasi badan kita. Sejumlah penyakit itu dipicu oleh beberapa hal, bisa disebabkan genetik, infeksi, sampai pola hidup. Lantas level penyakit tersebut, dimulai dari enteng sampai berat yang dapat mengintimidasi nyawa. Tetapi, ada beberapa penyakit aneh yang kerap membuat kebanyakan orang tidak mengerti. Apa beraneka macam penyakit aneh serta langka itu?

Penyakit Aneh di Dunia: Aneh namun Fakta
Bicara perihal penyakit, yang terbayang di bayangan Anda mungkin sejumlah penyakit seperti flu, diabetes, kanker, serangan jantung, dsb. Namun, ada beberapa orang yang alami penyakit tak biasa, dalam pengertian sejumlah penyakit itu benar-benar jarang ada serta tanda-tanda yang ditimbulkannya kerapkali membuat siapa saja yang menyaksikannya kaget.

Aneh namun fakta, mungkin itu pengakuan yang dapat memvisualisasikan beraneka macam penyakit aneh itu. Di bawah ini yaitu penyakit langka serta aneh di dunia yang butuh Anda pahami.

1. Exploding Head Syndrome
Bila dialih bahasa, exploding head syndrome bermakna ‘sindrom kepala meledak’. Sama dengan namanya, penyakit aneh ini memang membuat penderitanya alami sensasi kaget—utamanya malam hari kala tidur—dan terjaga dengan cara mendadak karena dengar ‘suara’ yang keluar di dalam kepalanya. Suara itu dirasakan benar-benar keras bagai bom yang meledak atau suara pistol.

Hal semacam itu terus diikuti oleh tanda-tanda yang lain seperti penambahan denyut jantung serta sesak napas, lantas pasien memandang sebersit kilatan sinar kala terjaga.

Exploding head syndrome dipicu oleh ada kekeliruan proses shutdown otak sewaktu tidur. Bila mestinya otak alami shutdown dengan cara kontinyu, di mulai dari motorik, pendengaran, saraf, serta paling akhir visual, jadi soal ini tak berlangsung pada mereka yang alami penyakit langka itu.

Sayangnya, belumlah ada obat teristimewa yang dapat serius mengobati penyakit kepala ‘meledak’ ini. Tetapi, pasien dapat mengkonsumsi obat-obatan yang bisa meminimalkan ‘ledakan’.

2. Penyakit Fields’
Fields’ yaitu nama suatu penyakit langka yang sudah pernah berlangsung di dunia ini. Dijelaskan jadi penyakit langka sebab penyakit aneh yang satu ini baru dirasakan oleh sepasang anak kembar asal Wales bernama Catherine Fields serta Kristine Fields. Itu pemicunya kenapa penyakit ini disebut yaitu penyakit Fields.

Belum punyai nama medis, tetapi dokter merasa penyakit ini jadi penyakit saraf serta otot (neuromuscular) oleh sebab penyakit Fields’ mengakibatkan penderitanya alami keterpurukan otot badan, yang mana keadaan ini semakin lama malahan makin bertambah tidak baik.

3. Progeria
Progeria yaitu penyakit aneh berbentuk berlangsungnya penuaan awal pada seorang. Seorang tentunya dapat menua, tetapi apa yang terjadi bila proses penuaan itu berlangsung bahkan juga sewaktu orang itu masih berumur balita, seputar 2 – 5 tahun? Keadaan berikut ini yang disebut yaitu progeria atau nama yang lain Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome 3. Ada kelainan genetik disangka kuat berubah menjadi yang memicu progeria ini

Progeria disinyalir dengan beberapa tanda-tanda ciri khas penuaan, seperti mata yang mencolok, hidung tipis serta berparuh di ujungnya, telinga muncul, dagu tampak lebih kecil, bibir yang tipis, lantas beberapa gejala yang lain ialah rambut memutih, kulit keriput, bahkan juga berlangsung pengeroposan tulang.

Progeria satu diantara penyakit langka yang sayangnya, dapat berbuntut pada kematian si penderitanya. Riwayat mencatat cuma ada 48 anak yang sukses bertahan hidup sampai umur dewasa dalam keadaan ini, sesaat bekasnya cuma sanggup bertahan hidup sampai umur 13 tahun, termasuk juga seseorang anak asal Indonesia bernama Wiradianty yang wafat pada tahun 2006 lalu.

Ya, progreria satu diantara penyakit langka di Indonesia yang udah atau sudah pernah merenggut nyawa seorang.

Penyakit aneh di dunia ini dapat dikelompokkan jadi penyakit membahayakan oleh sebab penderitanya ikut alami beraneka macam penyakit yang umum berlangsung pada seseorang berumur lanjut, seperti stroke, jantung, serta arthritis.

4. Von-Hippel-Lindau (VHL)
Von-Hippel-Lindau (VHL) yaitu penyakit aneh serta langka yang menyerang 1 dari 35 ribu orang di dunia ini. VHL hakikatnya sebagai penyakit yang mirip dengan tumor jinak. Namun, tumor ini menyerang ke hampir semuanya organ penting dari badan manusia, sebutlah otak, ginjal, saraf, serta beberapa ruangan badan yang lain.

VHL pada dunia medis diketahui dengan istilah hemangiobalstomas. Ada masalah pada pembuluh darah diperkirakan berubah menjadi yang memicu penyakit ini. VHL butuh dikerjakan selekasnya mungkin sebab bila tak, bisa mengakibatkan kematian tiba-tiba pada penderitanya.

5. Stone Man’s Disease
Stone man’s disease yang pada dunia medis diketahui jadi Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP) ini yaitu keadaan dimana tampak tulang baru di beberapa ruangan badan yang mestinya tak ditumbuhi tulang, seperti ligament, tendon, otot, serta beberapa jaringan ikat.

Penyakit langka yang satu ini dipicu oleh kegiatan mutasi genetik yang berlangsung dalam skema ketahanan badan sewaktu dalam proses pemulihan luka. Tulang-tulang itu terus tumbuh serta terus berkembang sampai menutupi persendian badan, menyebabkan terhambatnya pergerakan badan.

FOP atau stone man’s disease, sama dengan namanya, membuat penderitanya kelihatan seperti patung, oleh sebab tak dapat menggerakkan anggota tubuhnya. Terdaftar, ada seputar 800 perkara penyakit aneh di dunia ini, serta belumlah ada obat teristimewa yang dapat serius menyembuhkannya.

6. Persistent Sexual Arousal Syndrome
Sewajarnya, Anda dapat merasakan bergairah serta pingin orgasme sewaktu tengah melakukan hubungan seks, atau paling tidak dapatkan rangsangan seksual dari pasangan. Tetapi, soal ini tak berlaku untuk mereka yang menanggung derita penyakit aneh bernama Persistent Sexual Arousal Syndrome (PSAS).

Pasien PSAS malah rasakan ada hasrat seksual serta impian buat orgasme di sewaktu-waktu, sekalinya mereka sedang tidak dapatkan rangsangan seksual, sebutlah sewaktu tengah memasak, mengemudikan mobil, dsb.

Belumlah ada analisa yang dengan cara detil bisa mengatakan sindrom ini. Dugaan kuat, perihal in ibis aterjadi karena ada hipersensitivitas pada saraf. Lantas, masalah hormon serta penyempitan pembuluh darah vena diklaim ikut berperan dalam mengakibatkan seorang alami PSAS.

7. Alien Hand
Satu type penyakit aneh yang membuat kita tidak mengerti. Yaitu alien hand, dimana penyakit ini mengakibatkan pasien tidak bisa mengendalikan gerakan tangannya sendiri. Seolah-olah, tangannya punyai ‘nyawa’ sampai-sampai punyai kehendaknya sendiri buat bergerak, bukannya menuruti perintah dari otak si pasien.

Alien hand diperkirakan bisa berlangsung karena ada aksi operasi otak, pasnya operasi perpindahan guna lobus otak. Banyak dokter yang menelaah soal ini terus mendapatkan jika masa operasi itu, baik otak kanan serta otak kiri tak sinkron serta punyai kemauannya semasing. Pada perkara yang jarang-jarang, alien hand bisa berlangsung karena ada luka pada otak.

Persis seperti type penyakit langka yang lain, belumlah ada obat teristimewa buat menangani alien hand. Tetapi, suatu studi yang diterbitkan oleh Journal of Neurologist berasumsi jika alien hand bisa diatur melalui langkah memberi suntikan botox.

8. Foreign Accent Syndrome
Aksen bahasa kerap berubah menjadi metode buat mengidentifikasi daerah asal seorang. Contoh paling konkrit umpamanya bahasa Inggris Britania (British English) serta bahasa Inggris Singapura (Singapore English atau Singlish).

Namun, sebagian orang ‘dianugerahi’ satu keadaan sewaktu dia sanggup kuasai dua aksen bahasa yang tidak sama dalam sesaat. Berkesan jadi suatu kebolehan, kenyataannya soal ini sebagai type penyakit aneh, serta didorong oleh sejumlah penyakit yang lain seperti stroke, luka otak, serta yang lain.

Foreign Accent Syndrome bisa ditangani dengan jalankan terapi wicara ekstensif. Perihal in memiliki tujuan buat melatih otak agar bisa bicara memanfaatkan metode yang udah ditetapkan.

9. Microchepaly
Mungkin Anda terlalu sering memandang berita perihal beberapa orang yang alami keadaan dimana kepalanya punyai ukuran tak lumrah, dalam soal ini, lebih kecil. Soal ini terus dinamakan jadi penyakit microchepaly.

Microchepaly yaitu salah di antara satu dari penyakit langka yang cukup menakutkan. Penyakit yang sering bersanding dengan penyakit down syndrome ini didorong oleh beberapa hal, seperti paparan radikal bebas yang diterima mulai sejak bayi masih ada dalam kandungan, atau ada kehancuran DNA dari janin itu.

Namun, suatu bukti baru yang dijelaskan oleh Organsisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan sebetulnya microchepaly punyai keterlibatan dengan virus zika yang beberapa waktu terakhir menggemparkan dunia.

Pasien microchepaly, kecuali punyai ukuran kepala yang kecil, menanggung derita beberapa tanda-tanda yang lain, seperti hiperaktif, kejang, masalah bicara serta gerak.

10. Epidermodysplasia Verruciformis
Masih ingat dengan almarhum Dede Koswara si ‘manusia akar’ yang infonya sudah sempat membuat ramai seantero negeri? Dijelaskan jadi manusia akar oleh sebab pria asal Jawa Barat yang hembuskan napas terakhir kalinya pada 2016 lalu ini alami keadaan dimana sekujur tubuhnya—terutama tangan serta kaki—ditumbuhi kutil raksasa yang selintas tampak seperti akar pohon raksasa.

Apa yang dirasakan oleh Dede yaitu penyakit aneh yang bernama Epidermodysplasia Verruciformis. Penyakit ini satu diantara penyakit langka di Indonesia yang cukup menggemparkan serta membuat beberapa dari kita bergidik sewaktu menyaksikannya.

Belum bisa didapati dengan cara tentunya apa yang mengakibatkan seorang alami penyakit itu. Proses amputasi bisa jadi dilaksanakan buat membebaskan pasien dari penyakit mengerikan ini.

11. Cotard’s Delusion
Bila sekian lama ini Anda suka saksikan film horror bertopik mayat hidup alias ‘zombie’, jadi perlu untuk diketahui jika kejadian zombie itu berlangsung di dunia fakta.

Yaitu Cotard’s delusion, nama dari penyakit aneh ini. Namun, bukannya pasien terinfeksi virus seperti yang di kisahkan di film-film, yang berlangsung malah yaitu pasien alami delusi jika dia udah berubah menjadi seseorang zombie. Pasien Cotard’s delusion merasa tubuhnya terinfeksi virus, jiwanya diambil setan, serta beberapa faktor tidak rasional yang lain.

Parahnya, mereka yang menanggung derita penyakit ini merasakan bila daging tubuhnya udah membusuk, lantas mereka, dengan faktor pingin bergabung dengan sama-sama zombie, pergi serta menyendiri di ruangan pemakaman.

Pengidap skizofrenia serta masalah pada otak yang lain disebutkan berubah menjadi yang memicu kenapa seorang alami sindrom ini.

12. Riley-Day Syndrome
Riley-Day syndrome atau yang juga di kenal jadi Familial dysautonomia ini satu diantara contoh penyakit aneh di dunia. Penyakit ini mengakibatkan penderitanya tidak bisa rasakan sakit pada tubuhnya, sekalinya dia tengah terluka atau terbentur suatu hal yang keras.

Keadaan ini dipicu oleh ada mutasi genetik yang terus berpengaruh pada skema saraf otonom yang mempertautkan di antara otak serta sumsum tulang belakang. Lebih detil, saraf otonom yang disebut yaitu saraf yang bertanggungjawab buat mengidentifikasi berbau, sentuhan, serta rasa sakit.

Hal keturunan yaitu yang memicu Riley-Day syndrome yang paling sangat mungkin. Kecuali kebal rasa sakit, pasien penyakit ini sering alami muntah-muntah serta susah menelan makanan atau minuman.

13. Xeroderma Pigmentosum
Kecuali zombie, film horor yang lain yang sering menghiasi monitor perfilman yaitu film bertopik vampire. Nah, persis seperti zombie, ‘kehadiran’ vampir di dunia fakta benar ada, lho.

Seperti yang kita pahami, cahaya matahari yaitu lawan paling besar banyak vampir. Hal semacam itu terus dirasakan oleh mereka yang alami penyakit aneh satu ini, ialah Xeroderma Pigmentosum (XP). Pasien XP betul-betul tak dapat terkena cahaya UV. Jikapun hingga sampai berlangsung, jadi yang berlangsung yaitu kulit pasien alami sunburn yang benar-benar kritis sampai mengakibatkan kehancuran kulit.

Xeroderma pigmentosum yang tidak lain sebagai sub penyakit porfiria ini dipicu oleh ada mutasi enzim yang menyebabkan kulit tidak bisa memulihkan diri dengan cara automatic sewaktu terbakar oleh cahaya UV.

Penyakit langka ini dengan terlebih dulu diawali kulit yang melepuh serta diikuti iritasi mata. Xeroderma pigmentosum sayangnya bisa berbuntut pada kanker kulit. Terdaftar 1/2 dari keseluruhan pasien XP, kebanyakan beberapa anak, alami kanker kulit pada umur 10 tahun-an.

14. Hypertrichosis
Legenda manusia serigala (werewolf) sering diadaptasi ke karya film. Balik, nyata-nyatanya si ‘manusia serigala’ ini dapat juga kita temukan di dunia fakta.

Melihat ke belakang, dunia seringkali sudah pernah dibikin ramai dengan timbulnya ‘manusia serigala’. Tetapi, manusia serigala yang kita lihat itu hakikatnya yaitu beberapa orang yang menanggung derita penyakit aneh bernama hypertrichosis.

Hypertrichosis yaitu penyakit aneh yang gejalanya dapat dijelaskan menyeramkan. Masalahnya pasien penyakit ini hampir semuanya tubuhnya ditutupi rambut yang mengakibatkan mereka selintas bak manusia serigala. Perbedaannya, mereka tak punyai gigi taring serta cakar yang tajam.

Hypertrichosis dipicu oleh ada mutasi genetik sampai-sampai berpengaruh pada perkembangan rambut yang cepat. Diluar itu, juga ada perkara dimana hypertrichosis dipicu oleh pemanfaatan obat penumbuh rambut pada mereka yang alami kebotakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *